Tips Mengenali BPKB Asli Ketika Akan Membeli Mobil

Ketika membeli mobil baru, Anda tentu harus mengurus sendiri Bukti Pemilikan Kendaraan Bermotor (BPKB) mobil tersebut. Namun berbeda halnya bila Anda membeli mobil bekas. Biasanya Anda akan mendapatkan BPKB dari pemilik mobil yang lama. Karena pengurusan BPKB kendaraan hanya perlu dilakukan setiap lima tahun sekali.

Mengenali bpkb asli

Mengenali bpkb asli

Anda tak perlu mengkhawatirkan keaslian BPKB mobil bekas yang akan Anda beli. Beberapa tips ini akan membantu Anda mengenali BPKB asli:

Tampilan Cover BPKB

Cover BPKB yang asli pasti kelihatan lebih mengkilap dibandingkan BPKB palsu. Kualitas bahan cover yang digunakan juga pasti lebih tahan lama sehingga tidak mudah sobek. Anda patut lebih curiga bila menemukan BPKB yang  cover-nya kelihatan berkualitas rendah. Anda juga bisa cek di samsat untuk lebih jelasnya.

Mengamati Hologram pada BPKB

Hologram pada BPKB asli akan awet dan tidak mudah memudar. Warna hologram kelihatan silver bila disorot dengan cahaya. Hal ini jelas berbeda dengan hologram palsu yang kilaunya bisa memudar. Biasanya hologram palsu juga akan kelihatan agak kekuningan saat disorot dengan cahaya.

Ada Bekas Cetakan Ulang pada Bagian Pemilik

Pembuatan BPKB palsu biasanya memanfaatkan template BPKB yang sudah ada. Sehingga bagian identitas pemiliknya terlihat seperti dihapus dan dicetak kembali. Anda wajib lebih teliti mengamati bagian yang satu ini. Pastikan bahwa tidak ada bekas-bekas cetakan yang mencurigakan pada BPKB mobil sebelum Anda membelinya.

Logo Korlantas yang Letaknya Tersembunyi

Setiap BPKB asli memiliki logo Korlantas tersembunyi yang terletak di halaman 14. Logo Korlantas tersebut bercirikan tekstur kertas yang kasar dan hanya bisa dilihat di bawah pancaran sinar ultraviolet. BPKB palsu yang beredar untuk melengkapi mobil tentu tidak akan memiliki ciri khusus yang satu ini.

 

Kalau Anda sudah mengetahui ciri-ciri BPKB yang asli, Anda tentu tak akan kesulitan memeriksanya saat akan membeli mobil. Setelah memiliki mobil pribadi, jangan lupa melengkapi perlindungannya dengan menyiapkan asuransi mobil. Premi asuransi mobil kini semakin terjangkau dan tak akan membebani pengeluaran Anda. Perlindungan asuransi mobil akan memproteksi kendaraan kesayangan Anda dari risiko tak terduga. Anda pun akan merasa tenang karena kondisi finansial Anda akan senantiasa stabil. Yuk cari tahu tentang asuransi mobil berkualitas sekarang juga!


manfaatkan situs Jual Beli Paypal Indonesia untuk mendapatkan uang dari bisnis internet