Solusi Mudah Modal Usaha Anda

Solusi Mudah Modal Usaha Anda! Saat memutuskan untuk membangun usaha sendiri, yang pertama kali terpikir adalah apakah Anda memiliki modal usaha yang cukup? Modal memang faktor yang paling penting dalam membuka usaha sendiri. Tanpa modal, sepertinya sebuah rencana usaha akan tinggal mimpi dan sulit untuk tercapai tanpa modal keuangan. Artikel bisnis ini membantu Anda untuk memulai usaha dengan pinjaman tanpa agunan.

Solusi Modal Usaha Anda

Solusi Modal Usaha Anda

Berita terbaru mengabarkan adanya solusi mudah modal usaha yang bisa Anda dapatkan. Besar atau tidaknya modal tergantung jenis usaha yang akan dibangun. Bila usaha yang akan dimulai adalah toko kelontong misalnya, maka modalnya akan lebih besar daripada jual beli pulsa. Begitu juga modal usaha katering akan lebih mahal dibanding modal usaha digital printing.

Solusi Mudah Modal Usaha Anda yang Harus Anda Coba!

Perlu diketahui, mencari modal usaha tidaklah sesulit beberapa tahun yang lalu. Kebanyakan hanya melalui jalur konvensional seperti bank. Kini banyak cara untuk memperoleh modal usaha secara lebih kreatif. Tidak percaya? Silakan cek beberapa cara gampang mendapatkan modal untuk usaha:

Pinjam dari koperasi tanpa agunan

Anda juga bisa meminjam uang ke koperasi dengan memakai fasilitas KTA atau Kredit Tanpa Agunan. Pinjaman ini merupakan favorit dari pencari modal karena tetap mendapatkan uang meskipun tanpa memberikan jaminan apapun. Namun, bunganya lebih besar berkisar 10-23 persen! Disarankan untuk mengambil tenor cicilan yang lebih singkat.

Memakai tabungan

Anda tidak suka berhutang ke bank karena merasa bunga yang dikenakan terlalu tinggi? Anda bisa memakai tabungan untuk dijadikan modal usaha. Cara ini jauh lebih aman karena tidak berisiko berhutang.

Pinjam dari bank dengan jaminan

Bank adalah tempat yang paling sering dituju orang yang membutuhkan modal usaha. Ada program pinjaman di bank yang dinamakan kredit multi guna. Di mana Anda memberikan sejumlah jaminan misalnya aset properti atau kendaraan bermotor kepada bank. Bunga yang ditawarkan antara 9-12 persen dengan tenor antara lima hingga 20 tahun, tergantung jumlah pinjaman yang diambil.

Menjual aset

Bila Anda memiliki aset seperti properti, kendaraan bermotor, emas atau investasi lain yang menguntungkan, kenapa tidak dijual untuk digunakan sebagai modal usaha? Bila usaha Anda berhasil, Anda bisa membeli aset yang telah dijual tadi dengan yang lebih bagus dan lebih banyak.

Menggadaikan aset

Sayang pada aset Anda? Nah kenapa tidak digadaikan saja ke institusi gadai? Cara ini termasuk menguntungkan karena Anda tetap memperoleh modal usaha, sementara aset tetap utuh. Tetapi jangan lupa untuk menebusnya kembali. Kalau tidak, aset itu akan disita oleh usaha gadai. Padahal harga gadai tidak seberapa dibanding harga aset itu kalau dijual.

Pinjam dari teman atau saudara

Cara lain adalah mencoba mendapatkan pinjaman pada orang-orang dekat Anda. Misalnya pada teman, saudara, mertua, sepupu dan lain-lain. Pinjaman dari mereka mungkin tidak banyak seperti Anda meminjam di bank, tetapi pinjaman itu biasanya bebas bunga.

Ikut pelatihan

Alternatif lainnya adalah mendapatkan modal yang disalurkan lembaga pemberdayaan ekonomi. Lembaga-lembaga ini sering melakukan training, pelatihan atau workshop yang bisa Anda ikuti. Biasanya setelah training, akan ada informasi soal akses modal usaha. Lembaga-lembaga penyelenggara training ini misalnya organisasi penyalur kredit usaha rakyat (KUR).

Joint venture

Anda bisa mengajak teman atau saudara untuk membuka usaha bersama dengan patungan modal. Modal usaha secara joint venture ini juga akan menguntungkan. Modal dan pekerjaan akan dibagi sama rata, termasuk juga membagi kerugian. Namun, lakukan perjanjian tertulis soal pembagian hasil antara Anda dan partner kerja untuk menghindari konflik di waktu mendatang.

Modal dari konsumen

Ada juga cara mendapatkan modal dari calon konsumen Anda. Wah memangnya bisa? Tentu saja, bisa. Anda bisa meminta uang muka jasa Anda terlebih dahulu pada calon konsumen, misalnya 30 persen. Uang muka itu bisa digunakan sebagai modal sampai pekerjaan selesai dan mendapatkan pembayaran seluruhnya. Cara seperti ini sering dilakukan pada usaha katering, sablon baju atau usaha laundry.

Franchise (Waralaba)

Sistem franchise ini maksudnya usaha kerja sama antara pihak pemilik usaha dengan pelaku usaha. Pembagian keuntungan berdasarkan perjanjian yang telah disepakati. Pemilik usaha akan menyediakan semua fasilitas dan modal yang kemudian akan dijalankan oleh pelaku usaha. Sistem ini tidak mengeluarkan modal yang banyak bagi Anda sang pelaku usaha. Tetapi Anda harus memilih brand franchise yang sudah terkenal sehingga kemungkinan untung lebih besar.

Sponsor dari website

Cara terakhir yang saat ini jadi tren mencari modal usaha adalah sponsorship lewat website tertentu yang didukung teknologi internet yang canggih. Nama kerennya sih crowdfunding. Program ini masih tergolong baru di Indonesia, tetapi sudah cukup lama dikenal di mancanegara. Caranya kamu menawarkan jenis usaha yang akan Anda buat lewat salah satu situs crowdfunding. Para pengunjung yang berminat bisa menjadi sponsor yang menyumbangkan uangnya. Sebagai gantinya, Anda bisa memberikan bayaran berupa reward sesuai dengan peraturan dalam situs tersebut. Beberapa situs crowdfunding di Indonesia misalnya KitaBisa, Wujudkan, atau AyoPeduli.

Baca juga : PELUANG USAHA OTOMOTIF yang Menjanjikan Keuntungan Besar

Kesimpulan

Sebelum memilih beberapa opsi solusi mudah modal usaha,  seperti yang disebutkan di atas, ada baiknya Anda memutuskan usaha apa yang akan digeluti terlebih dahulu. Kami merekomendasikan Anda mengunjungi https://www.cekaja.com/kredit-tanpa-agunan bila sudah yakin untuk melakukan usaha secara mandiri. Nah, tunggu apa lagi? Temukan cara mencari modal usaha yang paling cocok untuk Anda dan selamat menjadi enterpreneur.


manfaatkan situs Jual Beli Paypal Indonesia untuk mendapatkan uang dari bisnis internet