Inilah yang Membedakan Antara Kamera SLR dan Kamera DSLR..!

Inilah yang Membedakan Antara Kamera SLR dan Kamera DSLR..! Mengabadikan setiap momen baik sendiri atau bersama orang terkasih sudah menjadi kebutuhan masyarakat saat ini. Meski kamera ponsel sudah bisa dianggap cukup dalam hal ini, namun banyak juga yang tetap setia menggunakan perangkat kamera dalam urusan mengabadikan momen ini. Banyak sekali jenis kamera yang kini beredar dengan varian harga yang begitu beragam. Jenisnya semakin banyak ditemui di online shop. Misalnya kamera saku, kamera SLR, hingga kamera DSLR. Bahkan kini beberapa kamera juga memasukkan fitur dimana tidak akan rusak jika terkena atau bahkan masuk ke dalam air.

kamera slr

kamera slr

Kamera SLR dan juga kamera DSLR pasti sangat familiar di telinga mayoritas orang sehari-hari. Namun tak banyak yang tahu jika kedua jenis kamera tersebut sebetulnya berbeda. Banyak yang mengira jika kamera jenis SLR dan kamera DSLR adalah dua perangkat yang sama, padahal keduanya berbeda dalam beberapa hal. Untuk mengetahui perbedaan antara keduanya, maka berikut ini ulasan singkatnya.

Refleksi lensa

Pada kamera jenis SLR, refleksi lensa yang dipakai adalah memakai jalur tunggal untuk bisa melewatkan cahaya ke dua tempat di viewfinder dan focal panel. Dengan teknik jenis ini, maka pengguna bisa melihat obyek persis sama seperti aslinya. Hal ini berbeda dengan kamera DSLR dimana pandangan terlihat bisa saja berbeda dengan tangkapan film mengingat memakai jajaran lensa ganda.

Sistem kerja kamera

Kamera jenis SLR memiliki pentaprisma yang diletakkan di jalur optical melewati lempengan film. Cahaya yang masuk, nantinya akan dipantulkan di kaca cermin dan bisa mengenai pentaprisma tersebut. Pentaprisma ini lalu memantulkan cahaya dan mengenai jendela bidik sehingga ketika pengguna melepaskan tombol, maka kaca akan membuka jalan ke cahaya dan cahaya tersebut bisa mengena ke film. Sedangkan pada kamera DSLR menggunakan mechanical mirror sistem serta pentaprisma yang bisa mengarahkan cahaya secara langsung ke optical viewfinder yang ada dalam kamera. Dengan gabungan tersebut, maka penggunaan kamera DSLR lebih praktis dan mudah.

Memory card

Kartu memori yang ada pada kamera DSLR lebih banyak dimana tersedia slot yang lebih dari satu sehingga memungkinkan pengguna untuk menyimpan foto dalam jumlah yang besar.

Hasil foto kamera SLR

Untuk kamera jenis SLR, media yang dipakai dalam penyimpanan ada 35 mm analog sehingga tidak perlu adanya prosesor digitalisasi atau kompresi data yang memungkinkan pengguna bisa melihat langsung hasil foto tersebut. Namun jika ingin memproses lagi, maka Anda tinggal membawa gulungan film untuk dilakukan pencetakan. Sedangkan untuk kamera DSLR, butuh perangkat lain untuk bisa memproses foto karena butuh printer, memory card dan harus masuk ke komputer terlebih dahulu. Selain itu untuk memperbaiki kekurangan dalam foto, maka diperlukan software tambahan.

Selain itu, tombol pada kamera DSLR lebih banyak dan modern dimana terdapat pilihan iso, white balance dan juga resolusi lebih besar dibanding dengan kamera jenis SLR. Sistem kerja yang ada pada kamera DSLR juga lebih modern karena mengutamakan kemudahan dan kepraktisan. Itulah beberapa perbedaan dari kamera SLR dan kamera DSLR yang perlu Anda tahu. Anda bisa memilih kamera manapun yang Anda butuhkan dan perbedaan tersebut bisa sebagai alternatif. Harga dari kedua jenis kamera ini pun berbeda di pasaran, dan biasanya dibanderol dengan harga mencapai jutaan. Untuk itu persiapkan anggaran sebelum pembelian kamera SLR maupun model lainnya.

Ingin memberikan review 5 bintang untuk informasi internet?
manfaatkan situs Jual Beli Paypal Indonesia untuk mendapatkan uang dari bisnis internet