Membuat Aneka Selai Buah, ENAK TANPA PENGAWET

Membuat Aneka Selai Buah, ENAK TANPA PENGAWET resep bisnis kuliner agar berhasil. Menikmati berbagai jenis makanan tanpa bahan pengawet tentu menjadi keinginan setiap orang. Begitu juga jika mengkonsumsi selai setiap harinya. Untuk menghindarkan diri dari adanya bahan pengawet dalam selai instan, berikut beberapa tips membuat selai secara alami. Bahan makanan tanpa bahan pengawet tentu lebih baik untuk kesehatan tubuh.

aneka selai

aneka selai

Untuk membuat aneka selai yang lezat, wanita bisa memanfaatkan buah yang mengandung banyak pektin. Pektin adalah senyawa karbohidrat yang memiliki manfaat mengentalkan selai sehingga selai berbentuk gel dan akan bereaksi dengan adanya asam dan gula. Jadi, pilihlah buah yang banyak mengandung pektin seperti nanas, stroberi, pepaya, jambu biji, apel, dan sirsak. Dalam membangun bisnis kuliner, Anda sebaiknya selalu menggunakan bahan makanan berkualitas tinggi. Buah-buahan segar akan membuat produk selai akan laris di pasaran.

Menggunakan buah yang bervariasi membuat selai lebih menarik. Untuk mendapatkan selai yang baik maka campurkan buah yang sudah masak dan buah yang masih mentah.

Buah yang sudah masak akan mempertahankan rasa buah dan aromanya. Sedangkan buah yang masih mentah akan memberikan pektin yang banyak untuk proses pembuatan selai. Campuran buah masak dan mentah ini adalah satu banding satu artinya jumlahnya berimbang. Buah yang sudah disediakan kemudian diblender tanpa air atau diparut.

Proses Pembuatan Aneka Selai Buah

Pilih wajan yang lengket atau teflon. Masak semua bahan selai dengan menggunakan api yang kecil. Aduk terus adonan selai sampai mendidih dan mengental.

Untuk mengetahui apakah selai sudah jadi adalah dengan mencoba menjatuhkan sedikit selai dari sendok. Jika terlihat mengental dan jatuh perlahan atau putus-putus artinya proses pemasakan selai sudah selesai. Langkah selanjutnya adalah mendinginkan selai dengan cara diangin-anginkan.

Cara Menyimpan Selai Agar Awet

Penyimpanan selai harus bersih dan steril. Tempat untuk aneka selai bisa menggunakan botol atau wadah bekas yang bersih. Sebelum digunakan, ada baiknya botol disterilkan terlebih dahulu. Cuci bersih botol kemudian rebus bersama tutupnya dalam air mendidih. Keringkan botol di atas kain bersih.

Simpan selai di dalam kulkas agar kualitasnya tetap terjaga. Selai yang sudah dimasukkan ke dalam botol yang steril kemudian ditutup rapat. Botol yang sudah diisi selai ini bisa juga kembali direbus sampai air mendidih kemudian angkat dan tiriskan.

Simpan selai di dalam lemari pendingin dengan suhu sekitar 5 sampai 10 derajat celcius. Jika sudah mengambil selai, tutup kembali botol selai dengan rapat. Penyimpanan selai di lemari pendingin akan menambah daya simpan selai untuk waktu yang lama.

Demikian pembahasan tentang tips membuat aneka selai alami tanpa menggunakan bahan pengawet. Dengan tips di atas bisa bermanfaat untuk semua pembaca dan bisa mempraktikannya di rumah. Pelaku usaha juga bisa membuka bisnis kuliner dengan resep ini.


manfaatkan situs Jual Beli Paypal Indonesia untuk mendapatkan uang dari bisnis internet

cari informasi berita pada situs globalwealthdjm.com:

  • cara bikin selai awet tanpa pengawet