Manfaat Pijat Bayi Bagi Kesehatan Tubuh Anak

Manfaat Pijat Bayi Bagi Kesehatan Tubuh Anak bisa dipraktekkan oleh Ibu di rumah. Wanita tentu tahu apa yang terjadi: saat Anda meletakkan bayi ke tempat tidur, dia menangis. Menjemputnya dan menggendong kembali – dia tenang dan tersenyum lagi. Jika hanya memegang bayi Anda bisa begitu menenangkan, bayangkan bagaimana dia akan mendapatkan keuntungan dari pijat seluruh tubuh. Bahkan penelitian medis menunjukkan bahwa memijat seorang bayi dapat mengurangi tangisan dan rewel, membantunya tidur lebih damai, dan meringankan sakit ringan seperti sembelit dan sakit perut. Beberapa ahli kedokteran mengatakan bahwa pemijatan meningkatkan kemampuan bayi untuk melawan kuman.

pijat bayi

pijat bayi

Ketika Ibu melakukan pijat bayi dengan teratur akan merangsang sistem saraf pusatnya. Seorang ahli kedokteran anak, direktur Touch Research Institute di Universitas Miami menjelaskan bahwa pemijatan bayi memicu reaksi berantai. Pijatan tersebut membuat otak anak memproduksi lebih banyak serotonin, zat kimia perangsang rasa nyaman. Selanjutnya mengurangi kortisol, hormon yang disekresikan untuk menanggapi stres. Akibatnya, detak jantung bayi dan pernapasan melambat. Bayi akan menjadi lebih santai. Sebuah tips kesehatan yang menarik kan?

Memberikan pijatan lembut pada anak juga baik untuk kesehatan emosional. “Sentuhan kasih sayang dan gerakan berirama adalah salah satu bentuk yang paling kuat dari komunikasi antara bayi dan orang tua,” kata spesialis kesehatan anak di New York City. Efek kebaikan dari pijat bayi mengalir ke orang tua.

“Sangat mudah untuk merasa tak berdaya dengan bayi yang baru lahir, tetapi memberinya sentuhan lembut dapat membantu Anda merasa lebih memegang kendali,” jelas penulis buku Memijat Bayi Anda: The Joy of Touch Time. “Hal ini akan membantu perempuan belajar bagaimana membaca sinyal bayi dan merespon lebih baik untuk kebutuhan perawatan.”

Melakukan pijat bayi adalah perawatan sederhana yang menyenangkan. Yang Ibu butuhkan hanya 10 sampai 15 menit. Memilih waktu santai dan bayi Anda dalam kondisi tenang. Jika Anda mencoba untuk memijat bayi rewel, Anda mungkin bisa merangsangnya dan membuat dia lebih bahagia. Coba mulai memijat setelah mengganti popok atau sebagai bagian dari acara mandi.

Bagaimana cara melakukan pijat bayi?

Sebelum memulai, pastikan ruangan hangat dan tenang. Lepaskan setiap perhiasan yang bisa mengganggu dan ambil baby oil. Membiarkan bayi hanya menggunakan popok. Kemudian membaringkannya menghadap ke atas pada handuk lembut, dengan bantal di bawah kepala.

Mulailah dengan memegang tangan bayi Anda. Lalu menggosok telapak tangannya dengan jari beberapa kali selembut mungkin. Ketika ia tampaknya merasa nyaman, cobalah teknik pijatan yang lebih menenangkan. Dimulai dengan kaki bayi dan pijat seluruh tubuhnya.

Ini semacam kontak kasih sayang terhadap anak dan membantu tumbuh kembangnya. Praktek ini dimulai di Amerika Selatan pada akhir 1970-an sebagai cara merawat bayi prematur di daerah miskin dengan perawatan neonatal terbatas. Karena memiliki begitu banyak manfaat, pijat bayi kemudian menjadi populer di Indonesia.

Ibu perlu tahu bahwa pijat bayi dapat meningkatkan berat badan, mengurangi infeksi dan masalah pernapasan pada bayi. Bahkan, bayi bisa mendapatkan keuntungan dalam perkembangan pendidikan masa depan. Dalam studi yang dipublikasikan jurnal kesehatan Pediatrics, peneliti medis menemukan bahwa bayi yang dipijat secara teratur akan lebih jarang menangis. Cara merawat bayi yang mudah dilakukan oleh Ibu di rumah.


manfaatkan situs Jual Beli Paypal Indonesia untuk mendapatkan uang dari bisnis internet