Apakah Manfaat Menyusui untuk Bayi Anda?

Apakah Manfaat Menyusui untuk Bayi Anda? ASI memberikan nutrisi yang ideal untuk bayi. Memiliki kombinasi hampir sempurna dari beberapa vitamin, protein, dan lemak. Sehingga semua kebutuhan bayi untuk tumbuh terpenuhi. Gizi itu semua disediakan dalam bentuk yang lebih mudah dicerna daripada susu formula. ASI mengandung antibodi yang membantu bayi melawan virus dan bakteri. Manfaat menyusui bayi menurunkan risiko balita memiliki asma atau alergi. Bayi yang mendapat ASI eksklusif selama 6 bulan pertama, tanpa rumus apapun, memiliki lebih sedikit risiko infeksi telinga, pernapasan, dan serangan diare.

manfaat menyusui bayi

manfaat menyusui bayi

Manfaat menyusui bayi dengan ASI eksklusif sangat banyak. Dengan ASI, bayi biasanya mempunyai nilai IQ yang lebih tinggi di masa kanak-kanak. Terlebih lagi, kedekatan fisik membantu ikatan bayi dengan ibunya. Bayi yang disusui akan mendapatkan berat badan yang pas saat mereka tumbuh. Departemen Kesehatan menyampaikan bahwa menyusui juga memainkan peran dalam pencegahan SIDS (sindrom kematian bayi mendadak). Manfaat kesehatan dari tindakan inisiasi menyusui dini ternyata sangat banyak kan?

Apakah manfaat menyusui untuk Ibu?

Menyusui membakar kalori ekstra, sehingga dapat membantu Ibu menurunkan berat badan lebih cepat. Melepaskan hormon oksitosin yang membantu pengembalian rahim sesuai ukuran semula dan dapat mengurangi pendarahan setelah melahirkan. Menyusui juga menurunkan risiko kanker payudara dan kanker ovarium. Ini dapat menurunkan risiko osteoporosis.

Hari pertama setelah melahirkan, payudara mengeluarkan “air susu pertama” yang disebut kolostrum. Kolostrum berbentuk tebal, kekuningan, tapi banyak mengandung gizi untuk bayi. Kolostrum membantu saluran pencernaan bayi yang baru lahir, mengembangkan dan mempersiapkan diri untuk mencerna ASI. Tindakan inisiasi menyusui dini adalah salah satu bentuk kasih sayang orangtua terhadap anak.

Ketika bayi Anda membutuhkan lebih banyak susu maka payudara akan merespon dengan mengeluarkan lebih banyak susu. Para ahli merekomendasikan menyusui secara eksklusif selama 6 bulan.

Bahkan jika Ibu menyusui kurang dari yang direkomendasikan selama 6 bulan, itu tidak baik untuk bayi. Ibu dapat menambahkan makanan padat pada usia 6 bulan. Tetapi juga terus menyusui jika ingin terus memproduksi ASI secara lancar.

Bagaimana Posisi Terbaik untuk Menyusui?

Posisi terbaik adalah saat Ibu dan bayi berdua merasa nyaman dan santai. Ibu tidak perlu tegang untuk memegang bayi dalam posisi tetap menyusui. Berikut ada beberapa posisi untuk menyusui bayi Anda:

Posisi cradle

Letakkan sisi kepala bayi di lekuk siku dengan seluruh tubuhnya menghadap Anda. Posisi perut bayi dekat dengan tubuh Anda sehingga ia merasa didukung sepenuhnya. Lengan Anda dapat memegang kepala dan leher bayi atau mencapai kaki bayi untuk mendukung punggung bawah.

Posisi sepakbola

Luruskan bayi bersama lengan Anda untuk menahan bayi, memegang kepala dan lehernya di telapak tangan Anda. Ini posisi yang baik jika bayi kecil dan juga bagi ibu yang melahirkan dengan caesar untuk melindungi perut dari tekanan atau berat badan bayi.

Posisi berbaring

Posisi ini sangat bagus untuk menyusui malam hari di tempat tidur. Posisi menyamping juga bagus jika Anda baru pulih dari episiotomi, sayatan untuk memperlebar vagina saat melahirkan. Gunakan bantal di bawah kepala agar lebih nyaman. Kemudian berbaring dekat dengan bayi dan gunakan tangan Bunda untuk mengangkat payudara dan memasukkan puting ke mulut bayi.

Apakah pertimbangan medis manfaat menyusui bayi?

Perhatikan tanda-tanda bayi mulai lapar, dan menyusui setiap kali bayi Anda lapar. Beberapa minggu pertama, Ibu mungkin akan menyusui delapan sampai 12 kali setiap hari. Bayi yang lapar akan menggerakkan tangan mereka ke arah mulut mereka. Jangan menunggu bayi Anda menangis. Itu tanda dia terlalu lapar.

Bersabarlah untuk mendapatkan manfaat menyusui bayi dengan maksimal. Jangan terburu-buru untuk menyelesaikannya. Bayi biasanya menyusui selama 10 sampai 20 menit pada masing-masing payudara. Bersantai sambil menyusui itu sangat menyenangkan. Buatlah diri Anda nyaman dengan bantal yang diperlukan untuk mendukung lengan, kepala, leher, dan pijakan kaki sebelum mulai menyusui.


manfaatkan situs Jual Beli Paypal Indonesia untuk mendapatkan uang dari bisnis internet