Ibu Ingin Tetap Puasa di saat Hamil? Begini Caranya!

Halo, Bunda! Mungkin muncul pertanyaan dalam benak Anda bahwa apakah puasa ketika hamil itu aman? Jawabannya adalah aman! Asalkan Anda mengatur pola makan sahur dan berbuka dengan baik. Anda harus memastikan bahwa kandungan nutrisi Anda dan si Janin telah tercukupi. Yuk, langsung simak saja cara Bunda agar tetap bisa puasa di saat hamil.

Ibu Hamil Berpuasa

Ibu Hamil Berpuasa

Penuhi Nutrisi yang Cukup saat Sahur

Nutrisi yang cukup sangat penting bagi Anda dan si Janin. Konsumsi buah-buahan dan sayur yang tinggi akan kandungan serat seperti bayam, kubis, brokoli, dan kacang-kacangan. Bagi Anda yang tidak doyan sayur, kali ini Anda harus biasakan untuk makan sayur. Hal ini penting dilakukan untuk memenuhi kebutuhan serat Anda dan mencegah konstipasi.

Siapkan Menu dengan Gizi yang Seimbang saat Sahur

Gizi yang seimbang sangat penting untuk kesehatan ibu hamil dan si janin. Pada dasarnya, gizi yang dibutuhkan oleh Anda adalah 50% karbohidrat, 30% protein, dan 10-20% lemak. Protein dan lemak juga penting lho, karena protein dan lemak dapat membuat Anda kenyang lebih lama. Penuhi kebutuhan protein dan lemak Anda dengan daging saat sahur.

Konsumsi Vitamin

Konsumsi vitamin juga tidak kalah penting untuk menunjang kebutuhan nutrisi Anda. Saat berpuasa, tentu Anda merasa cepat lemas maka konsumsi vitamin C dapat menjaga stamina serta meningkatkan sistem imun tubuh. Selain itu, konsumsi vitamin D dari ikan seperti salmon dan sarden, telur, dan daging untuk menunjang pertumbuhan tulang bayi Anda dalam kandungan.

Menjaga Pola Tidur dan Istirahat yang Cukup

Istirahat yang paling baik adalah tidur. Istirahat berfungsi untuk menjaga tubuh agar tetap sehat dan bugar. Terlebih saat hamil, Anda membutuhkan waktu tidur dan istirahat yang lebih lama dibandingkan biasanya. Tambah jam tidur Anda, tidur malam lebih awal, serta sempatkan diri untuk tidur siang.

Lakukan Olahraga Ringan

Siapa bilang Ibu hamil tidak bisa melakukan olahraga? Mungkin Anda berpikir bahwa olahraga dapat membuat tubuh Anda kelelahan sehingga lemas ketika berpuasa. Jangan salah! Anda bisa kok berolahraga ringan saja. Anda bisa olahraga ringan dengan berjalan kaki mengitari halaman rumah dan berenang juga baik untuk Ibu hamil.

Hindari Makanan Pedas

Bagi Anda yang doyan makan pedas, saat hamil Anda harus hindari. Kondisi tubuh saat hamil akan sangat berbeda dengan kondisi tubuh saat tidak hamil. Mengonsumsi makanan pedas dapat berbaya bagi kesehatan Anda. Mengonsumsi makanan pedas dapat menimbulkan diare, rasa mulas, meningkatkan jumlah kontraksi, dan lebih parahnya muntah-muntah bagi sebagian orang.

Konsumsi Banyak Air Putih

Air putih memang minuman yang paling baik dan sehat bagi tubuh. Tahukah Anda bahwa Ibu hamil diwajibkan untuk minum air putih sebanyak 10-13 gelas setiap hari? Hal itu berguna untuk menjaga janin di dalam rahim tetap sehat, mencegah sembelit, dan menjaga kulit Anda tetap lembab. Mulai sekarang, Anda harus banyak minum air putih saat hamil ya!

Puasa Sehat Bagi Ibu Hamil..!

Awali Berbuka dengan Minuman Hangat dan Manis

Siapa yang senang berbuka dengan minuman dingin seperti es buah? Bagi Anda yang sedang hamil, jangan coba-coba ya! Minuman dingin dapat membuat lambung bekerja lebih lambat sehingga tidak baik bagi kesehatan Anda. Maka, biasakanlah berbuka dengan minuman hangat dan manis untuk meningkatkan gula darah Anda.

Nah, sekarang Anda sudah mengetahui cara puasa yang aman bagi ibu hamil. Mudah sekali, bukan? Anda bisa memanfaatkan diskon Ramadhan untuk memenuhi kebuhan nutrisi Anda dan si Janin. Anda bisa membeli kebutuhan nutrisi Anda dan si Janin di orami.co.id!


manfaatkan situs Jual Beli Paypal Indonesia untuk mendapatkan uang dari bisnis internet