Hati-hati dengan SOLAR yang Tercemar MIKROBA

Satu penyebab yang membuat Anda harus bolak balik ke tempat service genset 24 jam adalah dari bahan bakar. Mengapa bahan bakar menjadi penyebabnya?

Solar yang Tercemar Mikroba

Solar yang Tercemar Mikroba

Bahan bakar solar yang murni dan bersih sangat memengaruhi kinerja mesin agar tetap awet. Jika solar sudah tercemar, tentu mesin akan rusak dan mati total. Ada beberapa hal yang dapat mencemari solar, salah satunya mikroba.

Mikroba sebenarnya hidup bebas di udara sekitar, namun biasanya dalam kondisi non aktif. Selama mereka di lingkungan yang kurang bersahabat, mikroba ini akan tetap non aktif. Namun ketika menemukan air, mikroba itu akan aktif kembali. Salah satu kasusnya adalah mikroba yang terdapat dalam solar. Mikroba di dalam solar akan aktif ketika menemukan air di dalam tangki. Selanjutnya, mereka akan berkembang biak menjadi koloni-koloni mikroba.

Apa yang terjadi jika solar tercemar mikroba?

Metabolisme mikroba dapat membuat karakteristik kimiawi solar yang mempercepat proses degradasi solar. Gangguan utamanya ialah timbulnya sludge atau lumpur organic yang dihasilkan. Lumpur ini akan menyumbat filter solar. Jika lolos dari filter, lumpur ini akan menyumbat saluran injeksi bahan bakar yang dapat membuat pasokan tersumbat dan mesin pun mati.

Tidak hanya itu, lumpur yang ada dalam tangki itu dapat mengganggu kinerja dari rack pengendali jumlah solar yang seharusnya dipompa ke ruang bakar. Jika hal ini terjadi, mesin akan mengalami overspeed. Akhirnya, mesin pun menjadi rusak dan tidak bisa digunakan lagi.

Lalu apa yang harus kita perbuat?

Sering-seringlah memeriksa atau menginspeksi solar. Jika dari tangki mulai tercium bau busuk, kemungkinan tangki sudah terkontaminasi mikroba. Apalagi jika Anda sudah melihat adanya gelembung-gelembung hitam kecil dan besar di dalam solar, itu pertanda adanya koloni mikroba yang merajalela.

Jadi bersihkanlah solar secara manual. Ada beberapa produk yang dapat membersihkan solar, namun sebenarnya itu adalah racun atau biocide. Jika koloni sudah terbentuk, racun tidak dapat menembus ke dalam lapisan organic koloni. Jadi mikroba akan tetap ada, bahkan kebal.


manfaatkan situs Jual Beli Paypal Indonesia untuk mendapatkan uang dari bisnis internet