Hargai Gaji Milikmu, Terapkan Lima Cara Berhemat Berikut Ini

Di awal bulan, rasa-rasanya hidup terasa begitu enteng karena gaji masih banyak. Namun di akhir bulan, hidup terasa begitu berat karena gaji tinggal beberapa lembar rupiah saja. Beberapa orang mampu mengatur gajinya, hingga tak ada yang namanya kasbon di kantor.  Namun beberapa lainnya memilih lifestyle hedon, sehingga nikmatnya gaji hanya terasa di awal bulan saja. Berapapun gaji yang kamu punya, pastikan kamu menghargai usaha keras kamu untuk mendapatkan gaji tersebut. Nah untuk menghargai gaji milikmu, terapkan lima cara berhemat berikut ini.

Hasil gambar untuk uang gajian

  • Belanjalah Sebijak Mungkin

Jika sudah masuk kedalam mall atau supermarket, maka hilanglah semua plan yang sudah kita buat di rumah. Alhasil kita membeli barang-barang diluar yang kita rencanakan sebelumnya. Nah kamu jangan sampai seperti itu ya, karena otomatis gajimu akan berkurang dengan sangat drastis. Saat shopping, jangan sampai kamu spend uang untuk item yang kamu sukai dan item itu sebenarnya tidak terlalu kamu butuhkan. Sebaiknya kamu membeli barang yang benar-benar kamu butuhkan. Selain itu saat shopping, pastikan kamu membawa catatan belanja sehingga kamu memiliki panduan.

  • Jadikan Hobi Sebagai Prioritas Ketiga

Jika kamu ingin menghargai gaji milikmu, maka tempatkan budget hobi sebagai prioritas ketiga. Prioritas pertama yaitu untuk kebutuhan rumah misalnya bayar kontrakan, biaya listrik, biaya transportasi, dan lainnya. Prioritas kedua tentunya tabungan. Kamu mesti menyisihkan gaji, agar kamu memiliki simpanan tabungan. Nah jika kedua prioritas tersebut sudah kamu realisasikan, maka kamu baru bisa menyisihkan gaji untuk keperluan hobi. Misalnya kamu punya gaji 5 juta rupiah, kamu bisa spend 2.5 juta rupiah untuk kebutuhan rumah, 1 juta rupiah untuk tabungan, dan 1.5 juta untuk keperluan hobi kamu. Misalnya hobi kamu main musik, maka kamu bisa membeli alat musik dengan harga dibawah 1.5 juta rupiah.

  • Gunakan Diskon

Dimanapun kamu shopping, pastikan kamu mendapatkan produk dengan diskon. Jika kamu belanja via online, maka kamu bisa menggunakan diskon Lazada. Mengapa? Pertama karena Lazada merupakan salah satu marketplace terbesar di Indonesia, pastinya produk-produknya high-quality. Kedua diskon Lazada ini bisa mencapai presentase gila-gilaan, bahkan sampai 90%.

  • Masak di Rumah

Gaji biasanya habis untuk aktivitas-aktivitas glamour, salah satunya yaitu makan di restoran mewah. Tujuannya sich biasanya agak kurang penting: selfie atau welfie terus upload di media sosial. Jika kamu menghargai gaji milikmu, pastikan kamu mengurangi atau bahkan meniadakan kebiasaan makan di restoran. Alihkan perhatian dengan memasak masakan di rumah sendiri. Jika kamu belum bisa atau belum mahir memasak, kamu bisa mengandalkan berbagai tutorial masak di YouTube atau Google. Banyak sekali manfaatnya, selain bisa menghemat gaji, kamu ‘pun berpotensi memiliki skill masak layaknya master chef. Keuntungan jangka panjangnya yaitu kamu bisa membuka bisnis kuliner, sehingga kamu bisa resign dari perusahaan tempatmu bekerja.

  • Camping

Untuk melepas penat, tentunya kamu membutuhkan piknik agar otak bisa kembali fresh. Untuk menghemat budget, sebaiknya kamu hindari tempat rekreasi yang banyak wahananya. Salah satu vacation trip murah namun sensinya sangat menyenangkan yaitu camping. Kamu tak perlu membawa tenda, cukup kunjungi tempat wisata yang menyediakan tenda beserta peralatan lainnya. Dengan stay di tenda, kamu bisa mengunjungi beberapa spot wisata tanpa biaya tambahan. Kamu tak perlu mengeluarkan biaya terlalu mahal untuk camping trip, yang penting kamu memperhatikan sisi keamanan.

  • Gunakan Transportasi Umum

Jika kamu tinggal di perkotaan, sebaiknya hindari menggunakan kendaraan pribadi. Selain karena boros bahan bakar, kamu ‘pun pasti akan terjebak macet. Berbeda dengan transportasi umum yang biasanya memiliki jalur khusus, sehingga cepat mencapai tujuan. Problemnya bukan tak lain yaitu karena gengsi. Jadi enyahkan segera gengsi, yang penting gaji milikmu aman hingga akhir bulan. Kamu bisa menghemat uang bensin berkali-kali lipat dengan naik moda transportasi umum.

Gaji memang hanya sebentuk lembaran kertas, namun ada usaha keras dibalik lembaran kertas tersebut. Pastikan kamu mengaplikasikan beberapa tips diatas, agar gaji milikmu tidak habis sia-sia.


manfaatkan situs Jual Beli Paypal Indonesia untuk mendapatkan uang dari bisnis internet