Cerita Lebaran: Kredit Elektronik Perkakas Bikin Kue via Kredivo

Cerita Lebaran: Kredit Elektronik Perkakas Bikin Kue via Kredivo

Selain jadi momen silaturahmi, Lebaran juga sekaligus jadi momen makan-makan berat sampe nyemil-nyemil kue sajian khas, mulai dari nastar, putri salju, cheesestick, sampe kastengel! Ya, kan?

Nggak cuma makan-makannya, bikin sajian dan kue-kuenya, bagi sebagian orang juga jadi tradisi tersendiri yang dilakuin setaun sekali, termasuk di keluarga saya. Kalo kata nyokap, bikin makanan khas Lebaran termasuk kue-kue sendiri itu jatohnya jauh lebih murah dibanding pesen atau beli di pasaran. Yang paling penting, rasanya bisa disesuaiin dengan selera keluarga.

Perbandingannya, kalo satu toples nastar kualitas premium di pasaran dijual sekitar Rp 60 ribuan, nah dengan 60 ribu, kamu bisa beli bahan-bahan nastar yang hasilnya bisa jadi 2 – 3 toples nastar. Hematnya bisa sampe 50%. Tapi, pastinya lebih capek dan repot karena harus ngeluangin waktu dan tenaga.

Karena udah jadi tradisi bikin ketupat dan kue kering sendiri, sebulan sebelum puasa nyokap cerita kalo Lebaran taun ini beliau bakal bikin kue kering lebih banyak dari biasanya. Kenapa? Yes, karena nyokap udah dapet pesenan dari tetangga dan sodara-sodara buat kue kering. Nah, karena radar bisnis nyokap lumayan kenceng, jadilah diterima itu semua pesenan. Terus, nyokap rencana beli oven listrik baru dan perkakas bikin kue lainnya kayak mixer, loyang, timbangan, cetakan kue, toples, dsb, karena peralatan yang lama banyak yang udah rusak dan tua.

Nah, sebagai anak, denger nyokap cerita gitu saya nggak tega kalo beliau harus ngebobol tabungan buat modal beli perkakas elektronik sendiri. Akhirnya, saya bilang ke nyokap kalo semua perkakas bikin kue yang diperluin dilist aja biar saya yang beliin…………….dengan cara kredit elektronik. hehehe.

Oh enggaaaak, bukan karena saya sekere itu. Tapi, saya tau kebutuhan puasa dan Lebaran di keluarga saya itu banyak, makanya saya hemat-hemat duit tunai dengan cara ngandelin fasilitas kredit elektronik murah. Plus, beli perkakas dan perlengkapan elektronik bikin kue yang dibutuhin nyokap total harganya mungkin bisa nyampe Rp 4 jutaan, karena ada oven listrik juga. Kalo pake kredit, keuangan bulanan saya bakal lebih teratur dan hemat.

Awalnya, saya mikir “emang ada kredit elektronik online yang murah yang bisa sekaligus nyicil banyak barang gini?”.

Nah, biasanya, kan, kalo kredit elektronik ya satu-satu aja gitu, misalnya kulkas doang atau oven listrik doang. Kali ini, saya maunya semua barang dikredit dalam satu waktu, jadi lebih praktis. Karena saya suka belanja online, waktu itu sempet liat-liat di Lazada dan saya jadi inget sama Kredivo.

Ada yang tau Kredivo? Kalo belom, kamu bisa cek situsnya di sini. Singkatnya, Kredivo ini adalah lembaga multifinansial yang menyediakan fasilitas kredit instan online tanpa kartu kredit buat kredit barang apa pun di merchant online dan offline rekanan Kredivo. Mulai dari barang elektronik, gadget, fashion, akomodasi traveling, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Kredivo ini punya dua produk kredit, yang satu “Bayar dalam 30 hari” satu lagi “Cicilan”. Saya sendiri emang udah punya aplikasi Kredivo di hp dan udah pernah pake Kredivo, tapi cuma yang opsi “Bayar dalam 30 hari” dengan bunga 0%. Buat apa? buat langganan beli token listrik, pulsa hp, dan data internet. Saya dapet plafon Rp 1 juta, yang bisa saya gunain kapanpun buat beli token listrik atau pulsa kalo sewaktu-waktu diperluin. Bayarnya nanti 30 hari sejak transaksi, biasanya saya akumulasiin bayar pas gajian.

Pas saya liat-liat perkakas bikin kue di Lazada, saya juga liat metode pembayaran “Cicilan Tanpa Kartu Kredit” pake Kredivo. Di situ saya inget, kalo saya bisa kredit elektronik tanpa dp via Kredivo dengan cara daftar juga opsi kredit yang kedua yaitu “Cicilan”. Yap, kalo pake Kredivo, saya bisa beli semua perkakas elektronik buat bikin kue dalam satu keranjang belanjaan sekaligus. Syaratnya cuma satu, dalam keranjang belanjaan ini, harus ada 1 barang yang harganya minimal Rp 1,5 juta.

Saya mutusin buat daftar Kredivo untuk yang metode “Cicilan” dengan pilihan tenor 3/6/12 bulan dan bunga 2,95%. Tanpa dp, biaya admin, atau biaya tahunan. Setelah riset sana sini, buat saya, Kredivo ini suku bunganya paling rendah dibanding lembaga kredit lain dan pilihan tenornya lebih variatif. Karena udah pernah punya akun sebelumnya, buat daftar cicilan, saya tinggal upload foto KTP, 2 foto dokumen tempat tinggal (STNK/KK/Bank Statement/Tagihan tv kabel atau telepon), dan 2 bukti penghasilan (slip gaji/rekening koran/surat keterangan penghasilan).

Nggak pake lama, dalam waktu kurang dari 1×24 jam, registasi dan pendaftaran cicilan saya udah disetujui dengan plafon kredit sekitar Rp 6 jutaan. Buat ngecek plafon kredit kamu bisa liat di menu Dashboard aplikasi Kredivo. Untuk cicilan, Kredivo bisa ngasih plafon kredit maksimal sampe Rp 20 juta. Tapi, buat saya, plafon Rp 6 juta dari Kredivo ini udah termasuk lebih dari cukup dan sesuai juga sama kapasitas saya buat bayar cicilannya nanti.

Setelah punya plafon kredit, saya akses lagi situs Lazada buat cari perkakas elektronik buat bikin kue yang dibutuhin nyokap. Beberapa barang yang saya beli:

  1. Oven Listrik Oxone 2in1: Rp 2.555.375
  2. Philips Stand Mixer: Rp 415.000
  3. 1 set loyang kue kering anti karat: Rp 300.000
  4. Cetakan, penggilas, pemotong adonan: Rp 255.000

Total harga barang yang bisa dicicil semuanya Rp 3.525.375, dan saya pilih metode cicilan tanpa kartu kredit via Kredivo saat pembayaran di Lazada. Secara otomatis, saya diarahin ke laman pembayaran Kredivo untuk login dan ngeliat simulasi cicilan. Habis login akun dan pilih tenor cicilan 6 bulan, saya bisa cek dulu simulasi cicilannya, sesuai atau nggak hitungan angsuran dan suku bunganya untuk periode tenor 6 bulan. Oh iya simulasi cicilan ini sifatnya transparan. Kamu bisa liat berapa besar total angsuran per bulan yang harus kamu bayar sesuai dengan masa tenor yang dipilih. Jadi, kamu nggak perlu khawatir ada biaya-biaya gaib yang muncul selama cicilan berjalan. Usahain jangan sampe telat bayar angsuran ya, karena kalo telat kita harus bayar denda keterlambatan 3%.

Apa cuma Lazada merchant mitra Kredivo yang bisa cicilan akumulasi kayak gini? Oh jangan sedih, tentu enggak! Kamu bisa bebas mau belanja di merchant apa pun yang udah jadi mitra Kredivo, kayak Bukalapak, Tokopedia, JD.id, Blibli, Shopee, dan masih banyak lagi merchant lainnya. Kebetulan, karena saya udah langganan belanja di Lazada, saya lebih pilih kredit elektronik di Lazada.

Seminggu kemudian, barang-barang yang saya pesen nyampe ke rumah dan diterima nyokap. Waaaah jangan ditanya rasanya gimana, pastinya terharu sih. Meski jumlahnya nggak seberapa, tapi pastinya seneng kalo bisa ngasih kejutan ke orang tua. Ditambah lagi pas ngeliat nyokap semangat banget bikin kue-kue kering. Angsuran per bulan yang udah ringan, jadi makin berasa nggak ada apa-apanya kalo ngeliat ekspresi nyokap. hehe.

Oh iya, selamat Lebaran, teman-teman!


manfaatkan situs Jual Beli Paypal Indonesia untuk mendapatkan uang dari bisnis internet